Sejarah FSM Undip



Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0369/0/1993 tanggal 21 Oktober 1993 yang dulunya bernama Fakultas Matematika dana Pengetahuan Alam ( FMIPA ).

Fakultas Sains dan Matematika merupakan pengembangan dari Jurusan Matematika dengan program pendidikan sarjana muda yang berdiri pada tahun 1969 dan berada di Fakultas Teknik. Pada tahun 1979 program pendidikan di Jurusan Matematika ditingkatkan menjadi program pendidikan sarjana.
Pada tahun 1998 dibuka tiga program pendidikan sarjana, yaitu Program Studi Biologi, Program Studi Kimia dan Program Studi Fisika dibawah kordinasi Badan Pengelola MIPA (BPMIPA) berdasarkan SK Rektor Nomor 63/PTO9/1988 tanggal 5 April 1988.

Mulai bulan September 1992, Fakultas Sains dan Matematika menempati gedung di Kampus Tembalang, yang kepindahannya dilakukan secara bertahap.
Pada tahun 1996 dibuka Program S1 Lintas Jalur Fisika Kekhususan Fisika Medik bekerjasama dengan Departemen Kesehatan.

Mulai tahun 2002 Fakultas Sains dan Matematika mengelola 4 program studi S1 Reguler, yaitu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika dan program studi S1 Lintas Jalur Fisika Medik, 1 program studi Diploma III Instrumentasi dan Elektronika. Pada tahun 2003 Fakultas Sains dan Matematuka membuka Program S1 Statistika, Program Ekstensi Matematika dan Program Ekstensi Kimia.

Pada tahun 2004 Fakultas Sains dan Matematika berkembang menjadi 6 (enam) Program Studi Reguler dengan dibukanya Program Studi Ilmu Komputer, Program Studi Diploma III Instrumentasi dan Elektronika dan 2 (dua) Program Ekstensi dan Program Lintas Jalur Fisika Medik.

No comments:

Post a Comment